Sabtu, 30 September 2017

PAUD Sinar Kasih Menjadi Kebanggaan Desa Ridool

PAUD Sinar Kisah-Desa Ridool

Desa Ridool secara administrasi masuk dalam wilayah Kecamatan Tanimbar Utara, Kabupaten Maluku Tengggara Barat, Provinsi Maluku. Desa tersebut berada pada jantung ibu Kota Kecamatan Tanimbar Utara. Jaraknya dari ibu kota Kabupaten (Saumlaki) ditempuh dengan menggunakan transportasi Kapal Laut dalam waktu sehari semalam bisa juga di tempuh dengan jalur darat yang memakan waktu kurang lebih tiga jam. Berdasarkan status Indeks Desa Membangun adalah 0,6581 dengan status Desa Berkembang. Meskipun masuk kategori semi perkotaan Akan tetapi masih tingginya angka ketergantungan terhadap bantuan-bantuan pemerintah.

Kondisi Pendidikan Sebelum dan Sesudah Kehadiran Program GSC

Kondisi pendidikan yang terjadi di Desa Ridool sebelum masuknya Program Generasi Sehat dan Cerdas (GSC) adalah banyak terjadi jumlah anak/siswa yang terancam putus sekolah, tingkat pemahaman orang tua terhadap pentingnya pendidikan sangat rendah,  masih kurangnya perhatian pemerintah desa terhadap jam belajar anak. Untuk pihak sekolah sendiri walaupun sudah ada dana BOS akan tetapi masih sangat kekurangan dalam pemenuhan peralatan proses belajar mengajar di sekolah, tingkat pemahaman tentang tugas para komite sekolah masih rendah, sehingga pengurus sering menganggap bahwa pembayaran uang komite merupakan harga mati yang harus diwajibkan untuk setiap orang tua murid.

Namun, Setelah masuknya Program GSC di Desa Ridool, banyak sekali terjadi perubahan, antara lain, Meningkatnya kesadaran akan pentingnya pendidikan, yakni Adanya perubahan yang sangat baik dari pihak orang tua murid untuk mau memperhatikan pendidikan dari peserta didik, Masalah kekurangan guru mata pelajaran tertentu sudah dapat diatasi di beberapa sekolah, kehadiran Program Sangat membantu orang tua murid yang berasal dari keluarga miskin, dengan memberikan bantuan-bantuan, GSC juga sudah menyelamatkan beberapa anak yang terancam putus sekolah, bahkan beberapa siswa ABK dapat merasakan bantuan dari GSC

Proses Belajar di PAUD Sinar kisah

PAUD Sinar Kasih  Menjadi Aset Desa

Desa Ridool yang memiliki jumlah penduduk sebanyak 2438 jiwa ini, memiliki satu unit PAUD yang dinamakan PAUD SINAR KASIH , selain menjadi aset desa, PAUD Sinar Kasih menjadi kebanggaan desa, karena memiliki banyak prestasi baik tingkat Kecamatan maupun tingkat Kabupaten.  Hampir setiap tahunnya PAUD Sinar Kasih selalu mengukir prestasi yang sangat membanggakan bagi desa Ridool.
Prestasi yang diraih tersebut tidak terlepas dari usaha para Bunda PAUD yang rela melakukan apa saja demi kemajuan PAUD dan  anak didik mereka.  Sikap seperti itu, harus diapresiasi dan patut ditiru oleh PAUD manapun khususnya di Kacamatan Tanimabar Utara.

Mereka para Guru atau yang disebut Bunda PAUD Sinar Kasih memiliki komitmen yang sangat kuat untuk memajukan PAUD tersebut, hal ini dapat dilihat dengan keberhasilan yang diraih, salah satu contohnya adalah semua anak lulusan PAUD Sinar Kasih adalah anak yang sudah siap memasuki jenjang Sekolah Dasar, mereka semua sudah dapat membaca dan menulis dengan baik.
Hal ini dikarenakan program pembelajaran dan komitmen yang kuat dari para bunda PAUD sehingga para anak didik dapat dengan senang hati mengikuti program pembelajaran yang diberikan oleh para Bunda PAUD.

Proses Belajar di PAUD Sinar kisah

Disaat PAUD Yang Lain Mengalami Krisis, PAUD Sinar Kasih Tetap Semangat

Dalam kesehariannya PAUD Sinar Kasih ini, ternyata memiliki banyak sekali tantangan yang harus dihadapi, akan tetapi para Bunda selalu berusaha sekuat tenaga untuk bisa mengatasinya termasuk didalamnya masalah pendanaan atas semua beban program pembelajaran.
Bersyukur  Pemerintah Desa Ridool sejak T.A 2016 lalu sudah mulai memperhatikan Pembiayaan / pendanaan tersebut, sehingga para Bunda PAUD pun sedikit lega dan dapat terbantu. Saat ini pun para Bunda masih tetap berusaha menggalang dana agar bisa membantu proses pembelajaran, PAUD Sinar Kasih bisa terus mengukir prestasi terbaiknya.
Disaat PAUD-PAUD lain yang berada diwilayah Kecamatan Tanimbar Utara mengalami krisis dalam manajement/pengelolaan PAUD mereka, PAUD Sinar Kasih tetap semangat untuk menciptakan generasi yang cerdas dan berkualitas di Kecamatan Tanimbar Utara Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

 ***

Penulis : Bili Lawalata (FK Kecamatan Tanimbar Utara)
Editor   : R. Leikawa (Staff GSC Provinsi Maluku)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar