Kamis, 19 Januari 2017

Pentingnya Ayah Dan Bunda Terlibat Dalam Pendidikan Anak

Usia dini adalah masa emas perkembangan sekaligus masa kritis anak. Pada masa itu seluruh aspek perkembangan anak sedang berkembang sangat pesat. Kecepatan ini tidak terjadi pada masa berikutnya. Waktunya sangat kritis, yaitu sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun. Mari memanfaatkan masa emas ini dengan baik agar tidak hilang dan terlewatkan. 
Keberhasilan selama periode ini akan menentukan keberhasilan anak kita dalam kehidupan selanjutnya hingga dewasa.

Memasukkan anak ke Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangatlah tepat. Belajar melalui bermain yang dilakukan di PAUD sangat mendukung semua aspek perkembangan anak yang meliputi moral-spiritual, fisik-motorik, kognitif (kecerdasan), bahasa, sosial-emosional, maupun seni.

Walaupun mereka banyak belajar di PAUD, pendidikan di keluarga adalah yang pertama dan utama. Jika pengasuhan anak kita di keluarga dilakukan dengan baik dan sejalan dengan yang dilakukan di PAUD maka semua aspek perkembangan anak akan bisa berkembang secara sepenuhnya. Pada gilirannya perkembangan ini akan menyumbang pada kemampuan anak berpikir logis, kritis dan kreatif serta mampu berkomunikasi dan bekerjasama. Kemampuan – kemampuan itu sangat diperlukan anak di masa-masa kehidupan selanjutnya dalam menghadapi tantangan hidup yang semakin beragam.

Selain untuk mengasah kecerdasan, parah ayah dan bunda yang tidak kalah penting dalam menumbuhkan budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari anak kita. Caranya dalah melalui metode ACB, yaitu : AJARAN, CONTOHKAN, BIASAKAN.



MANFAAT KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK:
a)      Meningkatkan kehadiran anak
b)      Meningkatkan kepercayaan diri anak
c)       Meningkatankan perilaku positif anak
d)     Meningkatan pencapaian perkembangan anak
e)      Meningkatkan keinginan anak untuk bersekolah
f)       Meningkatakan komunikasi antara orang tua dan anak
g)      Meningkatan harapan orang pada anak
h)      Meningkatkan kepercayaan diri orang tua
i)        Meningkatan kepuasaan orang tua terhadap sekolah
j)        Meingkatkan semangat kerja guru
k)      Mendukung iklim sekolah yang lebih baik
l)        Mendukung iklim sekolah secara keseluruhan.

Menurut Anis Baswedan yang pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia selama 20 itu, bahwa “ Tahap usia lahir – 6 tahun adalah masa dimana anak menyerap begitu banyak informasi yang menjadi bekal hidupnya untuk dapat mempelajari berbagai hal yang lebih rumit pada jenjang-jenjang selanjutnya”. 




**Sumber : Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan




Share: